Sejarah Madrasah

Dengan rahmat, hidayah serta inayah dari Allah SWT, di desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, telah didirikan Madrasah Miftahul Huda Tayu. Pendiri Madrasah Miftahul Huda Tayu :

  1. K.H. Sholeh Amin.
  2. K.H. Mawardi.
  3. Habib Abdullah Al-Aidid.
  4. K. Chasbullah Salim.
  5. K.H. Chasan Nimazi.
  6. K.H. Nasiruddin.
  7. K.H. Muhdi.

Para Alim dan masyarakat muslim Tayu, pada tanggal 1 Januari 1930 sepakat mendirikan lembaga pendidikan dengan nama “Madrasah Miftahul Huda”. Mula-mula mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, dengan ketua pengurus Bapak K.H. Nasiruddin dan Kepala Madrasah Bapak K. Chasbullah Salim.

Masa Awal Kemerdekaan

Awal didirikannya Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tayu, bertempat di rumah salah seorang pendiri di desa Tayu Kulon, hingga tahun 1932 , kemudian pindah di tanah milik K.H. Mawardi desa Tayu Wetan sampai sekarang. Pada tahun 1940 pemerintahan Belanda jatuh ditangan pemerintah Jepang, kemudian madrasah ditutup sampai pada tanggal 1 Agustus 1946 madrasah dibuka kembali.

Para pengurus dari para guru serta masyarakat sekitar Tayu menghendaki didirikan madrasah sebagai lanjutan dari Madrasah Ibtidaiyah yang sudah ada, kemudian sekitar tahun 1960 berdiri Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Tayu. Ketua pengurusnya K. Masyhuri Bisyri dan Kepala Madrasah Tsanawiyah K.H. Ah. Zubaidi.

Pembentukan Badan Yayasan

Pada tahun 1973 kepengurusan Madrasah Muftahul Huda Tayu membentuk yayasan yang diberi nama “Yayasan Pendidikan Miftahul Huda” disingkat YPMH, atas prakarsa Bapak Saechan dan Bapak K. Masyhuri Bisyri. Dengan keberadaan kedua madrasah, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) semua pengurus yayasan dan dewan guru merasa terpanggil untuk mendirikan madrasah yang lebih tinggi tingkatnya,  yaitu Madrasah Aliyah (MA).

Seiring dengan perkembangan lembaga pandidikan yang kian marak serta tuntutan masyarakat terhadap jenjang yang lebih tinggi, maka pengurus Yayasan Pendidikan Miftahul Huda sepakat atas usulan para guru yang diprakarsai oleh Bapak Ach. Saerozi, pada tahun 1978 didirikan Madrasah Aliyah Miftahul Huda, ketua pengurus K. Masyhuri Bisri dan kepala Madrasah Aliyah K. Muh. Kholil Fahmi, BA.

MA Miftahul Huda Tayu pada tahun 1978 statusnya masih terdaftar dan pada tahun 1998 baru terakreditasi dengan status diakui. Saat ini MA Miftahul Huda Tayu baru membuka program studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kemudianpada tahun pelajaran 2001/2002 membuka program studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan ketua pengurus yayasan Bapak KH. Abdul Mudjib Sholeh dan kepala MA Miftahul Huda Tayu Bapak Abdullah Munir, BA.

Berikut adalah nama-nama kepala MA Miftahul Huda Tayu sejak didirikan sampai sekarang, yaitu Muh. Kholil Fahmi, BA, KH. Abdullah Nurussalam, K. Nur Syahid, Abdullah Munir, BA,  Drs. Nasichul Amin dan Abdul Ro’uf, SP., S.Pd.

Muh. Kholil Fahmi, BA

Kepala MA Miftahul Huda Tayu Tahun 1978-1988 .

Muh. Kholil Fahmi, BA

KH. Abdullah Nurussalam

Kepala MA Miftahul Huda Tayu Tahun 1988-1993.

KH. Abdullah Nurussalam

K. Nur Syahid

Kepala MA Miftahul Huda Tayu Tahun 1993-1998.

K. Nur Syahid

Abdullah Munir, BA,

Kepala MA Miftahul Huda Tayu Tahun 1998-2008

Abdullah Munir, BA,

Drs. Nasichul Amin

Kepala MA Miftahul Huda Tayu Tahun 2008-2013.

Drs. Nasichul Amin

Abdul Ro'uf, SP., S.Pd

Kepala MA Miftahul Huda Tayu Tahun 2013 - Sekarang.

Abdul Ro'uf, SP., S.Pd